Pembongkaran Mustaka Masjid


Pembangunan Masjid At-Taqwa Desa Tawangrejo sudah tahap renovasi Masjid bagian dalam sampai pada tempat imam. Tentunya mengenai pembongkarannya membutuhkan banyak personil untuk bergotong royong. Terutama saat menurunkan Mustaka masjid yang harus ekstra hati-hati, sebab disamping mustaka masjid ini terbuat dari Tanah liat yang sudah terlapisi keramik, Mustaka yang ada di Masjid At-Taqwa ini adalah buatan Simbah Wali Cungkrung gambiran Pati. Mustaka ini sama persis dengan Mustaka yang bertengger di Puncak Masjid gambiran. Masjid Gambiran adalah masjid tertua di Kota Pati. 

Mustaka yang ada dimasjid Desa Tawangrejo memang dikeramatkan, konon mustaka ini pernah akan diletakkan di Masjid-masjid yang ada di sekitar Tawangrejo namun tidak ada yang pas dan cocok. Pas Masjid desa Tawangrejo mendapat giliran untuk ditempati, walhasil mustaka ini sangat cocok dan pas sekali. Dari sinilah Desa Tawangrejo memiliki ikatan secara batin dengan Gambiran. Karena masing-masing desa tersebut ditempati menara yang sama bentuknya dan sama bahannya yang dibuat oleh satu orang.

masyarakat desa tawangrejo menyebutnya mustaka ini dengan sebutan MENARA. Saat Mustaka ini diturunkan, butuh ekstra hati-hati. Setelah mustaka ini turun, mustaka ini ditempatkan di kediaman Kepala Desa Tawangrejo. Ada beberapa kejadian aneh saat menara ini diletakkan. namun kami tidak memiliki sumber yang pasti sehingga dalam hal ini bisa dikonfirmasi langsung dengan Kepala desa Zaenal Arifin.
Pembangunan sudah sampai pada pengecoran pondasi Masjid bagian dalam. Sebentar lagi akan dilakukan pengecoran tiang-tiang masjid. Tiang yang jumlahnya 4 sebagai tiang utama ini memiliki diameter yang lebih besar dari tiang-tiang masjid bagian depan dengan diameter 50 cm.  Tiang ini yang bakalan menyangga mustaka tadi.

Untuk aktifitas kegiatan sholat jamaah dan sholat jum'at dilaksanakan di Masjid bagian Depan. Namun tentunya kapasitasnya tidak mencukupi untuk digunakan sholat jum'at. Jumat kemarin adalah jum'at pertama saat menggunakan masjid bagian depan. Tentunya para jamaah harus rela tersebar diluar masjid, bahkan sampai di tempat parkir sepeda.
 

Komentar, Masukan, Kritik atau saran bisa anda Tulis langsung di Kotak Komentar dibawah postingan atau Kirim langsung via Email : desatawangrejo@gmail.com. Terima Kasih!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Wong Tawung | Buat Blog Murah | Sanggar Seni Pacul
Copyright © 2011. Desa Tawangrejo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger